menu

Cara membongkar mesin sepeda motor honda type cub 100cc

Langkah langkah membongkar mesin sepeda motor honda type cub 100cc

STEP 1 : Bagian blok silinder dan head silinder

  1. Bongkarlah Carburator dengan melepas 2 buah baut 10mm menggunakan kunci ring 10
  2. Lepaskan  knalpot  serta busi kemudian melepas gear timing chain dengan membuka penutup gear timing. Tepatkan penanda pada gear timing dengan coakan yang ada pada silinder head dan pastikan pada posisi netral atau kompresi dengan memutar mur magnet menggunakan kunci T 14mm kearah depan dan lihat pada magnet huruf ( T ). buka dua buah baut pengikat gigi timing pada noken as, kemudian lepaskan gigi timing ke arah luar.
  3. Buka baut pemasang pada samping kiri head silinder ciri - ciri "baut petak dan di tengahnya          ada tempat obeng plus (+) dengan menggunakan kunci pas 10 mm".
  4. Buka mur pengikat head silinder 4 buah tepat di belakang roda depan, dengan menggunakan  kunci shok 10 mm
  5. Lepaskan head silinder dari blok silinder
  6. Buka baut penahan rol timing dengan menggunakan kunci T 10mm, pada blok silinder,                lepaskan rol timing tersebut ke arah kiri.
  7. Lepaskan blok silinder dari crank case ke arah depan 
  8. Lepaskan kip penahan pin piston menggunakan obeng minus kecil atau menggunakan tang bermulut panjang
  9. Lepaskan pin piston

STEP 2 : Bagian Magnet

  1. Buka bak magnet sebelah kiri menggunakan kunci T 8 mm, tapi jangan lupa buka pedal operan gigi dulu yah dengan kunci pas 10 mm.
  2. Lepaskan lepaskan mur magnet dengan menggunakan kunci shok 14 mm, dan gunakan spesial tools atau sering disebut traker magnet untuk melepas magnet. lihat gambar dibawah ini:
  3. Lepaskan gigi stater dengan menggunakan tang criclip dan karet penahan rantai stater dengan menggunakan obeng minus (-) sedikit mencongkelnya
  4. Lepaskan spi magnet menggunakan obeng minus dan palu, tepatkan mata obengdan pukulah obeng tersebut sampai spi terlepas.
  5. Lepaskan gigi stater secara bersamaan
  6. Buka baut pengikat pada penutup rantai timing yang besar menggunakan obeng ketuk
  7. Lepaskan penutup rantai timing, kemudian lepaskan roda timing kecil lalu lepaskan rantai timing dari gigi timing.

STEP 3 : Bagian Kopling

  1. Buka baut pembuangan oli dengan menggunakan kunci shok 17mm dan tampung oli kedalam    wadah yang sudah disediakan
  2. Buka baut standad pijakan kaki pada mesin sebanyak 4 buah dengan menggunakan kunci            shok 12mm
  3. Buka kick stater dengan menggunakan kunci ring 12mm
  4. Buka baut bak kopling dengan menggunakan kunci T 8 mm kurang lebih sebanyak 10 buah
  5. Kemudian lepaskan bak kopling secara perlahan
  6. Buka baut penyaring oli pada sproket atau kopling ganda sebanyak 3 buah dengan kunci              T 8mm atau dengan obeng ketuk, kemudian lepaskan penutup saringannya
  7. Lepaskan cakar pengaman pada mur pengikat sporket dengan cara mencongkel kearah kanan    atau kiri sehingga tidak lagi menahan mur pengikat
  8. Buka mur pengikat menggunakan spesial tools (disarankan tidak menggunakan pahat atau          yang dapat membuat poros baling)
  9. Buka 2 buah baut pengikat mangkuk penampung oli pada rumah kanvas kopling dengan              menggunakan kunci T 10mm
  10. Lepaskan bearing pada rumah kanvas kopling
  11. Buka mur pengikat rumah kanvas kopling menggunakan spasial tools
  12. Lepaskan rumah kopling serta sproket set secara bersamaan  menggunakan kedua tangan          dengan kearah luar.

STEP 4 : Melepas crank case

  1. Lepaskan baut pengikat gear depan dengan menggunakan kunci T 10mm
  2. Lepaskan baut pengikat mesin dengan menggunakan kunci shok 14mm sebanyak 3 buah dan mesin siap untuk dilepas dari rangka
  3. Lepaskan per pada poros kick stater dengan menggunakan tang circlip
  4. Buka baut crank case kurang lebih sekitar  8 s/d 10 buah baut dengan menggunakan kunci T 8mm di bagian sebelah kiri bak crank case
  5. Lepaskan crank case 
  6. Lepaskan kruk as dari crank case
  7. Lepaskan Gear ratio secara bersamaan kearah luar dan bungkuslah jika tidak ingin ratio berserakan nantinya.

Cuci lah semua part yang kotor menggunakan premium dan bersihkan permukaan crank case maupun cilinder head dan yang lainnya yang selisihan dengan gasket, jika gasket rusak bersihkan permukaan gasket.

Mudah bukan ??? Kemudian pasang kembali, kalau tidak bisa pasang bawa kebengkel terdekat !!!

No comments:

Post a Comment